Thursday, January 21, 2010

Puluhan Napi Cipinang Dipindah ke Nusakambangan


Sekitar 60 narapidana dari Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur, dipindahkan ke LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Seperti dikutip dari ANTARA, para narapidana menggunakan dua bus dengan pengawalan ketat anggota Brimob Polda Metro Jaya. tiba di Dermaga Wijayapura Cilacap, penyeberangan menuju Nusakambangan, Selasa, pukul 07.30 WIB.

Sesampainya di tujuan, para napi dievakuasi dari bus menuju Kapal Pengayoman II. Mereka diminta berjalan beriringan dalam kondisi tangan terborgol antarnapi, masing-masing lima orang. Setelah evakuasi selesai, sekitar pukul 08.00 WIB, Kapal Pengayoman II berangkat menuju Dermaga Sodong di Pulau Nusakambangan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari petugas penjagaan di Dermaga Wijayapura Cilacap, sebanyak 60 napi tersebut akan dipindahkan ke LP Narkotika di Nusakambangan. "Mereka menjalani hukuman antara 12-18 tahun," kata seorang petugas.

Sementara itu, Kepala LP Narkotika Marwan Adli mengaku belum mengetahui adanya perpindahan napi tersebut lantaran dia masih dalam perjalanan dinas dari Jakarta ke Cilacap. Kendati demikian, Marwan mengaku telah memperoleh informasi tentang rencana perpindahan napi dari LP Cipinang ke LP Narkotika Nusakambangan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM (Depkumham) Provinsi Jawa Tengah Bambang Winahyo juga angkat bicara. Menurutnya, napi yang dipindahkan menjelang Lebaran justru mendapat keistimewaan. Betapa tidak, mereka tetap dapat dikunjungi keluarga saat Hari Raya kendati sedang menjalani masa orientasi lingkungan di Lapas baru.


sumber : Liputan6.com

No comments:

Post a Comment